Rabu, 03 Mei 2017

on Leave a Comment

Pantangan Makanan Tbc Kelenjar

Pantangan Makanan Tbc Kelenjar .- Tbc kelenjar atau dalam istilah medis disebut dengan limfadenitis TB termasuk kedalam TB ekstrak paru yakni infeksi akibat kuman M tuberculosis yang terjadi diluar paru paru tepatnya pada kelenjar getah bening.

Kelanjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yakni gumpalan jaringan sebesar kacang berisi sel dari putih yang memiliki fungsi melawan baktero, virus dan mikroorganisme lainnya penyebab infeksi.

Pantangan Makanan Tbc KelenjarSalah satu indikasi kelenjar getah bening terkena infeksi TB adalah terjadinya pembesaran karena kelenjar getah bening membengkak.

Pembesarn terjadi lambat dan tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Secara fisik pembesaran kelenjar getah bening tersebut ditandai dengan munculnya benjolan di leher dan benjolan di ketiak.

Untuk mendiaknosa penyakit tersebut biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes dimulai dari pemeriksaan fisik, wawancara hingga pemeriksaan penunjang seperti tes darah, pemeriksaan mikrobiologi, USG, biopsi dan CT scan.

Jika seseorang terdiaknosa menderita penyakit TBC kelenjar maka biasanya pengobatan dilakukan dengan cara memberikan obat anti tuberkulosis (OAT) selama 9-12 bulan.

Tidak ada pantangan khusus bagi penderita tbc kelenjar, namun walaupun demikian ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita tbc kelenjar agar penyakit tidak semakin parah dan pengobatan yang dijalani berjalan maksimal.

Berikut Adalah Beberapa Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Penderita Tbc Kelenjar, yakni :

  • Makanan yang mengandung kolesterol tinggi
  • Makanan yang mengandung lemak
  • Makan gorengan
  • Makanan pedas
  • Junk and Fast Food
  • Minuman beralkohol
  • Minuman yang mengandung kafein seperi kopi
  • Minuman bersoda
  • Makanan dan minuman yang mengandung pengawet
Selain menghindari beberapa jenis makanan tersebut bagi anda penderita TBC kelenjar disarankan untuk mengkonsums makanan sehat yang bergizi dan menjauhi pola hidup tidak sehat .

Dengan anda menjauhi makanan yang tidak dianjurkan dan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan dan mengkonsumsi obat tbc kelenjar secara teratur makan penyakit tbc kelanjar yang anda derita bisa sembuh total.

Demikianlah informasi tentang pantangan makanan tbc kelenjar ini semoga bermanfaat dan dapat menjawab rasa ingin tahu anda.

0 komentar:

Posting Komentar